Strategi pemasaran bisnis memang
tidak pernah ada matinya. Sampai hal – hal kecil pun ternyata dapat
dijadikan sebagai strategi untuk mengembangkan sebuah bisnis. Salah satu
contoh hal kecil yang sangat berpengaruh terhadap pemasaran adalah
kemasan produk.
Tidak semua pelaku bisnis menyadari
bahwa kemasan produk yang mereka tawarkan ternyata memberikan pengaruh
besar terhadap angka penjualan produk mereka. Apalagi para pelaku usaha
kecil yang saat ini banyak bermunculan, mereka hanya fokus untuk
menciptakan suatu produk namun tidak memperhatikan kemasan produk yang
digunakannya. Kemasan yang sering digunakan hanyalah kemasan plastik
biasa yang tidak berbeda dengan pelaku bisnis lain.
Sebagian besar alasan para konsumen saat
memilih produk, sebab mereka tertarik dengan kemasan produk yang unik
dan menarik. Jika para konsumen telah tertarik dengan kemasan produk
yang Anda tawarkan, peluang usaha Anda untuk meraih kesuksesan pun telah
di depan mata. Karena Anda telah berhasil memberikan kesan pertama yang
menarik bagi para konsumen untuk lebih loyal terhadap produk tersebut,
sehingga tidak diragukan lagi bahwa peningkatan angka jual pun juga akan
dialami usaha ini.
Tips Sukses
Meskipun kemasan produk menjadi salah
satu strategi pemasaran yang efektif, namun harus diperhatikan pula
desain dan bentuk kemasan yang diminati para konsumen. Berikut beberapa
tips yang harus diperhatikan dalam membuat kemasan produk :
1. Ciptakan kemasan produk yang unik dan menarik
Usahakan untuk menciptakan kemasan
produk yang belum dipakai oleh produk lain. Sehingga produk yang Anda
tawarkan memberikan kesan lebih menarik dan lebih unik dibandingkan
produk lain dengan jenis usaha yang sama.
2. Sesuaikan desain kemasan dengan isi produk
Selalu sesuaikan desain kemasan luar
dengan isi dalam kemasan. Misalnya menawarkan produk snack jagung, maka
kemasan luar produk bisa didesain dengan menampilkan gambar animasi
jagung yang menarik. Sehingga konsumen tidak salah memilih produk yang
mereka inginkan.
3. Ciptakan kemasan dalam berbagai ukuran
contoh kemasan produk 250×170 Pentingnya
Kemasan Produk tujuan menciptakan kemasan dalam berbagai ukuran, dari
yang kecil hingga kemasan yang berukuran besar karena tidak semua
konsumen membutuhkan produk dalam jumlah yang banyak. Jadi mereka bisa
memilih kemasan kecil sesuai dengan kebutuhan mereka. Selain itu
konsumen juga lebih menyukai produk dengan ukuran yang kecil, karena
konsumen lebih tertarik dengan kemasan kecil yang lebih murah disbanding
harga ukuran besar.
4. Pilih kemasan yang dapat didaur ulang
Usahakan memberikan kemasan produk yang
dapat di daur ulang, karena saat ini konsumen lebih memyukai kemasan
yang dapat didaur ulang untuk mengurangi adanya global warming.
Disamping itu kemasan yang tidak dapat didaur ulang juga dapat merugikan
lingkungan.
5. Sesuaikan kemasan dengan karakter konsumen
Bedakan kemasan produk sesuai dengan
karakter para konsumen. Misalnya saja membuat desain kemasan produk
sesuai dengan target pasarnya, bisa dibedakan berdasarkan umur konsumen,
maupun jenis kelamin konsumen.
Dengan kemasan produk yang unik dan
menarik juga dapat membentuk image atau citra suatu produk. Untuk itu
para pelaku usaha sebaiknya mengetahui pentingnya kemasan produk, dan
dapat mempraktekannya dalam menjalankan usaha. Semoga bermanfaat, salam
sukses.
Jenis Mesin | : Kemasan Sachet dengan fix bag former dan sistem volumetric cup |
Target Produk | : Powder, Granule, dan liquid product |
Jenis Seal | : Pillow Pack/ Center Seal bisa juga 3SS dan 4SS |
Dimensi Seal | : V= 100-300; H= 100-250 |
Berat Produk | : up to 1000 gram |
Dimensi Mesin | : W x L x H (805 x 700 x 1900 mm) |
Material Packaging | : AL + PE, OPP + PE, Ny + PE dan bahan berperekat lainnya. |
Kecepatan operasi | : 20 – 40 pack/menit |
Supply Voltage | : 220V ; 1 phase neutral 50Hz |
Power Requirement | : 1 KVA |
Thanks
Andy 081231655995 - 085730194678
Workshop[ ;
Pergudangan Tanrise Southgate
Blok C-25 Seruni Gedangan Sidoarjo
Tidak ada komentar:
Posting Komentar